5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss

38 views

Sulawesi memang jadi salah satunya pulau dengan rekreasi alam yang mengagumkan memikat. Alamnya yang asri dan cantik membuat siapa saja akan menyentuh tiap keelokan alam yang berada di pulau ini.

Berada di Sulawesi Selatan, Tana Toraja sebagai salah satunya surganya rekreasi alam yang pantas kamu datangi. Kecuali rekreasi alamnya, kamu akan dibikin kagum dengan rekreasi tradisi dan budaya di Tana Toraja.

Telah ingin tahu seindah apa rekreasi alam di Tana Toraja ini? Yok langsung lihat lima referensi rekreasi alam di Tana Toraja.

1. Dusun Tradisi Kete’ Kesu

Saat lagi nikmati cantiknya alam di Toraja, tidak komplet rasanya bila kamu tidak nikmati kekhasan tradisi istiadat di Toraja. Dusun tradisi ini jadi posisi rekreasi alam dan budaya yang bahkan juga warisan sejarahnya sudah dianggap oleh UNESCO.

Berada di Kecamatan Sanggahlangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dusun ini menyajikan daya tarik deretan rumah tradisi yang disebutkan Tongkonan.

Disamping itu Dusun Tradisi Kete’ Kesu dikenal juga dengan keelokan kerajinan tangannya seperti pahatan dan bermacam jenis cenderamata yang lain. Dan yang jangan sampai kamu terlewat saat ke Kete’ Kesu yakni menyaksikan penyemayaman masyarakat dan nenek moyang Tana Toraja yang unik dan kental akan tradisi istiadatnya.

Bila kamu mujur, kamu bisa juga menyaksikan upacara tradisi Rambu Solo dan Rambu Tuka yang diadakan di dusun ini.

2. Bukit Ollon

Bukit Ollon sebagai salah satunya tujuan rekreasi alam di Tana Toraja yang harus sekali datangi. Walau jalan untuk ke arah bukit ini cukup curam dan berlebihan, tetapi kamu tidak sedih saat menyaksikan daya tarik Bukit Ollon yang mengagumkan. Di sini kamu dapat nikmati bentangan bukit-bukit hijau yang mempesona sepanjang mata melihat seperti liburan ke negara Swiss.

Menariknya kembali bila ingin lama-lama nikmati tempat ini, kamu dapat kemping di bukit-bukit dan naik kuda punya perternakan masyarakat seputar pada harga yang benar-benar dapat dijangkau.

Bila ketarik mendatanginya, bukit Ollon berada seputar 40 km dari pusat perkotaan Makale, persisnya di Dusun Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja.

3. Patung Yesus Buntet Burake

Patung Yesus Buntet Burake sebagai rekreasi alam dan rekreasi religius yang paling terkenal di kelompok pelancong lokal atau asing. Pasalnya Patung Yesus Buntet Burake atau disebutkan dengan Patung Yesus Memberkati ini sebagai patung Yesus paling tinggi di dunia dengan tinggi seputar 40 mtr. yang sukses menaklukkan patung Christ the Redeemer di teritori Rio de Janeiro, Brasil yang mempunyai ketinggian seputar 38 mtr..

Tidak itu saja kamu bisa juga memicu adrenalin sekalian nikmati keelokan alam Tana Toraja di jembatan kaca sejauh 90 mtr. dari ketinggian pucuk bukit Buntet Burake pada 1.700 mdpl.

4. Lolai

Lolai atau kerap dinamai ‘Negeri di Atas Awan’ sebagai tempat rekreasi alam yang ada di Benteng Mamulu, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara. Di sini kamu dapat nikmati keelokan gumpalan awan yang memikat dan panorama gunung-gunung disekelilingnya.

Bila inginkan panorama yang mengagumkan ini, seharusnya kamu tiba dari pagi hari dan menyaksikan cantiknya matahari keluar dari pucuk Lolai sekalian nikmati satu cangkir kopi yang tidak akan menyebalkan.

5. Batutumonga

Bila belum senang dengan negeri di atas awan Lolai, kamu bisa juga nikmati keelokan gumpalan awan dan bentangan sawah yang luas di Batutumonga yang ada di teritori kaki Gunung Sesean yang memiliki jarak 24 km dari pusat perkotaan Rantepao, Toraja Utara. Kecuali nikmati keelokan alam di Batutumonga, kamu bisa juga berkunjung teritori pusara batu Lo’ko Mata yang tidak jauh dari posisi itu.

Itu ia lima tujuan rekreasi alam di Tana Toraja yang harus sekali kamu datangi saat liburan. Saat lagi nikmati keelokan alamnya, janganlah lupa untuk selalu jaga kelestarian lingkungan dan menghargakan tradisi istiadat masyarakat seputar ya!

Tags: #Destinasi Wisata Kota Toraja Indonesia #Kota Toraja Indonesia #Wisata Kota Toraja Indonesia