7 Keelokan Situ Gunung, Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Asri

17 views

Indonesia simpan bermacam daya tarik alam yang cantik, diantaranya ialah Taman Rekreasi Alam Situ Gunung di Kabupaten Sukabumi. Di tujuan ini ada satu simbol yang paling cantik dan terkenal yakni Jembatan Menggantung Suspension Bridge yang disebut jembatan menggantung paling panjang se-Asia Tenggara!

Disamping itu, rupanya masihlah ada bermacam keindahan alam yang lain dalam Situ Gunung ini, lho. Apa ya? Yok, baca pembahasan ini.

1. Suspension Bridge

Suspension Bridge ialah simbol tujuan Situ Gunung yang paling terkenal. Disahkan tanggal 9 Maret 2019, jembatan menggantung yang dibuat berbahan kayu ini menghampar sejauh 243 mtr. dan mempunyai lebar 18 mtr. dan ada pada ketinggian 161 mtr..

Sejauh perjalanan melewati jembatan ini, kamu akan rasakan kesan berdebar-debar di dada karena posisinya yang tinggi dan ada di tengah-tengah rimba dan ada tiupan angin disekilingmu. Tetapi kamu tak perlu cemas, pengurus akan memberi tali pengaman untuk jaga keselamatan pelancong. Disamping itu diaplikasikan ketentuan dalam melewati jembatan seperti jangan berlarian, melonjak, atau bertindak ribut yang lain.

Dengan melewati jembatan ini, kamu akan mengirit tenaga dan waktu untuk ke arah pertunjukan rekreasi seterusnya yakni Curug Sawer.

2. Curug Sawer

Curug Sawer atau Air Terjun Sawer ada 1,7 km dari pintu masuk tujuan Situ Gunung. Jarak itu bisa disingkat dengan melewati Suspension Bridge. Air terjun ini mempunyai ketinggian 35 mtr. dengan panorama tebing batu-batuan dan tanaman paku di sekitarnya. Air terjun mengucur jadi sungai yang jernih. Tetapi pelancong tidak dapat asal-asalan mandi atau berenang di sini untuk jaga keselamatan.

Dari Suspension Bridge, pelancong harus tempuh akses berbentuk tangga dan jalan setapak sampai ke Curug Sawer. Di seputar air terjun ini ada pedagang makan minum dan souvenir. Di dekat air terjun disiapkan jembatan kayu untuk pelancong nikmati kesejukan recikan air terjun yang fresh.

3. Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung ialah pertunjukan rekreasi seterusnya yang jangan kamu terlewat. Danau ini bisa kamu raih dengan berjalan kaki seputar 1 km dari pintu masuk. Keadaan jalan ke arah danau ini telah diaspal rapi.

Di danau ini ada bentangan padang rumput luas dengan latar danau dan lembah Gunung Gede Pangrango yang paling cantik dilihat.

Rutinitas rekreasi yang bisa dilaksanakan yakni rekreasi, bermain sepeda air, naiki perahu rakit, maupun santai nyaman di atas padang rumput.

4. Amphitheater

Amphitheater sebagai pentas kayu sebagai tempat perlihatkan seni tradisionil dari komune lokal. Pentas ini dikitari oleh tempat duduk pemirsa berbentuk kursi kayu yang mempunyai kemampuan sampai 850 orang.

Seni tradisionil yang dipertontonkan diantaranya Degungan, Karinding, Ngibing, dan Kecapi Suling. Atraksi kebudayaan diselenggarakan tiap Sabtu dan Minggu diawali pada jam 09.00 pagi sampai jam 05.00 sore. Yakinkan kamu melihatnya, ya!

5. Camping Ground

Buat kamu yang menyukai bersatu dengan alam, tujuan Situ Gunung sediakan tempatnya, lho! Ada camping ground yang bisa kamu cicipi untuk membangun kemping dan membuat api unggun bersama teman-temanmu.

Faksi pengurus sediakan paket rekreasi kemping dengan perlengkapan dan sarana yang komplet. Jadi tak perlu repot dan kamu dapat berekreasi dengan nyaman, dech.

6. Aksesbilitas yang gampang diraih

Untuk ke arah Taman Rekreasi Situ Gunung kamu bisa memakai kendaran individu atau kendaraan umum seperti angkutan kota. Keadaan aksesnya ke arah tujuan ini sudah diaspal dan lancar untuk dilewati kendaraan roda 4 sampai bis. Sedang keadaan aksesbilitas dalam tujuan ini juga sudah baik dan nyaman untuk dilakukan.

Beberapa jalan telah diaspal dan mempermudah pelancong dalam berekreasi. Disamping itu ada beberapa papan petunjuk arah hingga pelancong tidak bingung dengan jalur rekreasi di sini.

7. Sarana pariwisata yang komplet

Sarana pariwisata di tujuan ini sangat komplet. Ada tempat parkir yang lega, loket ticket, toilet, tempat minum dan makan, papan petunjuk arah, tempat sampah, kursi sampai peta tujuan dan edaran info. Pelancong memperoleh welcome drink dan makanan ringan enteng dari pengurus.

Taman Rekreasi Alam Situ Gunung membuka start pukul 05.00 – 17.00 WIB.

Nach itu 7 keindahan Situ Gunung. Tentu kamu tidak sabar ingin mendatanginya, kan?

Tags: #Destinasi Wisata Sukabumi #Kota Sukabumi Indonesia #Wisata Sukabumi