Apa Itu Nasi Liwet? Menu Asli Jawa yang Populer di Masyarakat

16 views

Nasi liwet adalah salah satu makanan Indonesia yang banyak disukai. Umumnya, nasi liwet banyak ditemukan di Solo atau Surakarta.

Namun, sebetulnya beberapa daerah di Indonesia juga memiliki menu nasi liwet khasnya. Misalnya saja nasi liwet sunda dari Jawa Barat.

Lantas, sebetulnya apa sih nasi liwet? Berikut uraian jawabannya.

Apa itu nasi liwet?

Dalam artikel Kompas.com (15/06/2017), Murdijati Gardjito, ahli gastronomi yang juga peneliti di Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa nama nasi liwet berasal dari proses memasaknya, yaitu meliwet.

Proses memasak ini tertulis di Serat Centhini tahun 1819 yang lantas tersebar di wilayah Indonesia. Maka tidak heran jika nasi liwet juga ada di banyak wilayah.

Misalnya saja, nasi liwet solo, nasi liwet sunda, serta nasi lemak dari Sumatera dan nasi uduk di Jakarta.

Walau beberapa menu tidak menggunakan nama nasi liwet, tetapi hidangan tersebut sebetulnya tetaplah nasi liwet. Sebab, cara memasaknya ialah dengan teknik liwet.

Seorang dosen Sastra Universitas Indonesia, Prapto pada Kompas.com (10/06/2017) menjelaskan bahwa proses meliwet atau ngliwet adalah teknik memasak nasi dengan cara mencampur beras dan air dengan mengunakan alat khusus.

Airnya bisa menggunakan air putih, kaldu ayam, dan juga santan. Untuk alatnya bisa memakai ketel, kastrol, atau dandang.

Pada dasarnya meliwet ini sama dengan memasak nasi dengan rice cooker. Hanya saja saat meliwet kamu juga harus memasukkan bumbu-bumbu lain, seperti daun salam dan garam.

Bahkan pada nasi liwet khas Sunda, ditambahkan juga lauk seperti ikan asin ataupun teri.

Masing-masing daerah menyajikan nasi liwet dengan lauk yang berbeda-beda. Tergantung dengan kearifan budanya.

Di Solo sendiri, nasi liwet disajikan bersama dengan sambal goreng labu siam, telur pindang, daging ayam opor suwir, dan areh atau kuah santan yang dikentalkan.

Apabila suka pedas, kamu bisa menambah cabai rawit rebus. Untuk pelengkapnya, tambah juga kerupuk, rambak kulit sapi, maupun tahu atau tempe bacem.