Bermitra Bersama Lego, BMW Motorrad Kembangkan Konsep R 1200 GS

36 views

Sebuah proyek keren telah sukses digarap oleh BMW Motorrad bersama Lego Technic. Ya benar, nama yang disebut kedua adalah perusahaan mainan model plastik disusun berbagai bentuk dan tema. Keduanya berhasil menciptakan sepeda motor konsep dari model BMW R 1200 GS versi terbaru.

“Mengendarai sepeda merupakan sebuah kebebasan, dan kebebasan tertinggi adalah bisa pergi ke mana pun,” ujar Alexander Buckan, Kepala Desain Kendaraan BMW, dikutip dari RideApart.

Lebih lanjut, Alexander Buckan menyebutkan bahwa produk BMW Motorrad khususnya GS Adventure adalah jawaban yang tepat untuk hampir setiap tantangan.

“Sangat menyenangkan bisa mendesain kembali sebuah tunggangan yang sudah ada, untuk dibuat menjadi model yang sangat futuristik,” tambahnya.

Satu unit BMW R 1200 GS dikirim ke markas Lego Technic, lantas tim yang dipimpin desainer Lars Thygesen mereplikasi sepeda motor menggunakan set Lego Technic.

Dalam tayangan video BMW Motorrad, tampak para anggota tim Lego Technic antusias menggarap detail BMW R 1200 GS yang dituangkan dalam ribuan panel plastik kecil dan secara presisi dibentuk secara presisi seperti BMW R 1200 GS dengan ubahan futuristik.

Bagian ban dapat diputar, sementara garpu dan rangka dibuat kokoh, bagian setang dibuat meninggi, serta banyak lagi. Model itu dibuat dalam versi sekitar 1:12.

Ubahan keren dibuat sedemikian detail, lantas dituangkan dalam sketsa.

Setelah tim mendapatkan ide BMW R 1200 GS versi futuristik, tim desainer mempresentasikan desain baru itu kepada petinggi BMW Motorrad di Munich, Jerman.

Dengan model Lego Technic sebagai panduan, desainer senior di markas besar BMW Motorrad pun menerjemahkan desain ini menjadi rendering fotorealistik.

Desainer lantas menugaskan tim agar membangun satu unit sepeda motor versi 1:1 seperti laiknya BMW R 1200 GS asli.

“Desainer kami memiliki kesempatan untuk menjadi kreatif, dan inilah tantangan besar bagi semua yang terlibat,” jelas Alexander Buckan.

Sebagai catatan, proyek R 1200 GS hanya merupakan tugas desain untuk karyawan BMW Motorrad. Tidak diketahui pasti apakah nantinya akan hadir dalam versi produksi.