Resmi Dinyatakan Sebagai Pria, Aprilia Manganang Bakal Ganti Nama dan 6 Potret Terbarunya Yang Kekar di Sorot

Mantan atlet voli Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Sersan Dua (Serda) TNI, Aprilia Manganang, resmi sebagai seorang pria.

Melansir dari detikcom, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan, Aprilia Manganang bukanlah transgender, namun benar seorang pria.

“Dari hasil pemeriksaan itu ternyata bahwa dilihat dari pemeriksaan urinologi bahwa Sersan Manganan lebih memiliki organ jenis kelamin laki-laki,” tutur Jenderal Andika di Mabes AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3).

Usai dikonfirmasi sebagai laki-laki, Aprilia Manganang diketahui akan berganti nama. Tentu, nama yang akan digunakannya kelak adalah pilihan dari orang tua.

Akan tetapi, Aprilia harus mengubah lebih dulu statusnya dari perempuan menjadi laki-laki lewat jalur hukum. Nantinya, pihak TNI juga akan membantu Manganang untuk menyiapkan dokumen perubahan statusnya.

Jenderal TNI Andika Perkasa sangat berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama serta status Aprilia Manganang.

“Kita berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama, dari sebelumnya ke yang akan dipilih oleh Aprilia dan orang tuanya, lalu juga perubahan status sesuai pasal 56 dari Undang-Undang No. 23 2016 (tentang administrasi kependudukan),” tambahnya.

Diketahui, Aprilia Manganang mengidap Hipospadia yang berarti sebuah kondisi langka, ketika lubang kencing penis berada di bawah dan bukan di ujung.

Kondisi ini sangat jarang terjadi pada seseorang dan menjadi sebuah kelainan bawaan. Oleh karenanya, sejak kecil Aprilia Manganang dianggap sebagai wanita. Kelainan Aprilia tidak ditangani secara maksimal lantaran kondisi ekonomi dan ketidakpahaman keluarga.

6 Potret Terbaru Aprilia Manganang yang Kekar

Nama Aprilia Manganang tengah santer diperbincangkan publik. Pasalnya, mantan pemain timnas bola voli putri ini dinyatakan resmi sebagai laki-laki oleh kesatuan TNI Angkatan Darat. Hal itu dipastikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Aprilia Manganang yang kini jadi anggora TNI dan berpangkat Serda itu dinyatakan sebagai laki-laki mulai Selasa (9/3/2021) kemarin. Hal ini disebabkan Aprilia Manganang ternyata mengidap hipospadia sejak lahir. Namun karena kurangnya pengetahuan, sehingga dari lahir ia dianggap perempuan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis yang dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Februari 2021, Andika Perkasa mengungkapkan jika Aprilia berjenis kelamin pria. Mengalami kelainan hipospadia, kini membuatnya harus menjalani pergantian status kependudukan dari wanita ke pria.

Terlepas dari itu, selama ini Aprilia Manganang dikenal tomboi dan memiliki wajah tampan. Bahkan melalui beberapa potret di Instagram, Aprilia memperlihatkan perubahan tubuhnya yang makin kekar. Setelah rekam medis menyatakan bahwa Aprilia Manganang adalah pria, akhirnya ia pun mengaku lega dan bahagia.

Berikut 6 potret terbaru Aprilia Manganang yang makin kekar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/3/2021).

1. Akhirnya dinyatakan sebagai pria, ini potret terbaru Aprilia Manganang yang makin kekar.

2. Secara fisik dan wajah, anggota korps wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) Serda Aprilia Manganang ini memang terlihat seperti pria.

3. Berwajah tampan, tak sedikit orang yang mengagumi mantan atlet voli putri ini.

4. Kini dengan penampilan terbarunya, Aprilia Manganang terlihat lebih maskulin.

5. Lewat akun Instagramnya, ia kerap membagikan aktivitasnya. Salah satunya saat berolahraga.

6. Kini, Aprilia Manganang masih harus menjalani perawatan lebih lanjut di RSPAD Gatot Subroto. Saat ini ia tengah menjalani operasi corrective surgery.