Heboh Bayi Zaskia Sungkar Sudah Tengkurap di Usianya yang Baru Satu Minggu

174 views

Baru satu minggu lahir ke dunia, anak pertama pasangan artis Sazkia Sungkar dan Irwansyah sudah tengkurap. Tentu bukan tengkurap sendiri atau secara alami, melainkan sengaja ditengkurapkan sebagai bagian dari sesi tummy time.

Hal ini sebagaimana dijelaskan sendiri oleh Sazkia Sungkar dalam keterangan video yang memperlihatkan Ukkasya Muhammad Syahki tengkurap, di Instagram.

“Tadi disuruh dr. Tiwi seringin tengkurap (Tummy Time) biar belajar angkat kepala sendiri, ehhh Ukkasya langsung bisa,” tulis Sazkia Sungkar menyertai video yang diunggah Selasa malam (6/4).

Namun unggahan ini menuai reaksi kontra netizen. Walau jelas-jelas Sazkia Sungkar menuliskan apa yang dilakukannya merupakan anjuran dokter anak, banyak netizen menyayangkan apa yang dilakukan kakak kandung Shireen Sungkar ini. Rata-rata merasa stimulasi ini terlalu dini dan khawatir terjadi sesuatu yang berbahaya pada Ukkasya.

“Aduh kak Kia, aku ngilu liatnya. Emangnya gak apa-apa kak itu?” komentar salah satu netizen. “Kasihan apa enggak terlalu cepat?” komentar yang lainnya. “Jangan dipaksa dulu Mbak, baru beberapa hari umurnya,” timpal netizen lain.

Tummy time atau sesi menengkurapkan bayi merupakan stimulasi yang diterapkan pada bayi usia 0-6 bulan dengan tujuan mempercepat kemampuan motorik bayi. Tummy time juga diyakini bisa membuat bayi lebih pintar. Karena bayi dalam posisi tengkurap mendapatkan sudut pandang yang lebih luas untuk dapat dieksplorasi dibandingkan dengan yang tidur terlentang, seperti dikutip dari The New York Times.

Terlepas dari itu, sesi tummy time boleh-boleh saja diterapkan pada bayi seusia Ukkasya. Selama orang tua tetap memperhatikan kenyamanan bayi. Jika baru ditengkurapkan bayi langsung menangis atau terlihat tidak nyaman, maka sesi tummy time bisa dihentikan saat itu juga.