Temui Orang yang Bangunkan Sahur Pakai Toa Masjid, Zaskia Mecca: Tak Ada Dendam

Artis Zaskia Adya Mecca beberapa hari lalu menjadi pembicaraan. Hal ini lantaran ia komplain mengenai warga rumahnya yang membangunkan orang sahur dengan pengeras suara masjid alias toa. Zaskia bertemu dengan orang tersebut.

Pertemuan tersebut diabadikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube The Bramantyo pada 24 April 2021. Pria yang membangunkan sahur dengan toa masjid itu bernama Rama. Zaskia Adya Mecca berterima kasih karena Rama bersedia bertemu dengannya. Perempuan 33 tahun ini mengungkap alasan ingin bertemu dengan Rama.

“Kadang-kadang sesuatu yang kita sebenarnya baik-baik saja, hubungannya baik-baik saja, tapi ketika (beritanya) sudah naik ke media, kesannya kita ada satu berantem hebat,” kata Zaskia Adya Mecca. “Jadi, kita harus ketemu untuk tunjukkan bahwa InsyaAllah kita baik-baik saja.”

Setelah aksinya menjadi viral di media sosial, Rama menyampaikan keluarganya sempat agak terbawa perasaan atau baper. Sebab, ada netizen yang mem-bully Rama. Sementara itu, warga di lingkungan tempat tinggalnya bersikap biasa saja.

“Anak-anak di lingkungan (rumah) pada senyum. (Mereka) cuma bilang, ‘Zaskia marah, tuh.’ Keluarga baper dikit,” ucap Rama.

Rama merasa caranya membangunkan sahur warga merupakan sesuatu yang lumrah. Namun, ia mengaku akan melakukannya dengan cara yang berbeda, yakni lebih sopan dan tidak teriak-teriak.

“Menurut saya, (cara saya membangunkan orang sahur) enggak ada masalah, biasa-bisa saja,” ujar Rama.

Zaskia percaya Rama tentu memiliki niatan baik dengan cara yang ia gunakan untuk membangunkan orang sahur. Rama ingin warga yang harus sahur, bangun dalam keadaan bahagia.

Zaskia mengungkapkan, ia pasti merasa lucu apabila mendengarnya ketika bangun dalam kondisi segar. Tapi, kondisinya, istri Hanung Bramantyo ini masih memiliki bayi yang terganggu tidurnya karena cara yang Rama gunakan untuk membangunkan warga sahur.

“Dua hari sebelumnya pas aku lagi tidur sama anakku yang bayi, itu benar-benar ganggu. ‘Kenapa bangunin mesti teriak-teriak?’ Dan anak bayiku terbangun dengan cara seperti itu,” kata Zaskia.

Zaskia mengatakan tidak ingin gara-gara perbedaan pendapat membuat ia dan Rama menjadi bertengkar. Dalam pertemuan itu, Zaskia dan Rama memastikan tidak saling menyimpan rasa amarah maupun dendam.

“Aku enggak mau cuma gara-gara kita beda pendapat membuat kita jadi musuhan. Sebenarnya kita baik-baik saja. Aku enggak ada dendam, enggak ada marah sama Mas Rama. Di Islam kita harus tabayyun, ketika ada satu hal yang beda pendapat kita harus ngobrol seperti ini,” ucap Zaskia.