Dulu Terkenal dan Bergelimang Harta, 5 Artis Ini Bernasib Pilluuu di Usia Tua

215 views

Hidup terus berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Begitu pula karier di dunia entertainment. Awalnya mengantar artis ke puncak kesuksesan dengan gelimang harta, akhirnya tidak ada satu pun yang tahu. Berikut kisah artis yang bernasib pilu di usia tua.

Pasang surut di dunia entertainment bahkan bisa terjadi lebih cepat sebelum artis mengumpulkan pundi-pundi uang yang cukup untuk pensiun.

Jika hal itu terjadi, para artis yang namanya sempat berkibar di puncak kejayaan pun harus rela menjalani hidup apa adanya, bahkan serba kekurangan.

Siapa saja artis yang bernasib pilu di usia tuanya?

1. Laila Sari

Artis yang kerap berseliweran di sejumlah sinetron dan FTV ini terpaksa menghabiskan sebagian besar hartanya untuk biaya pengobatan.

Laila Sari mengawali kariernya sebagai pemain sandiwara dan penyanyi. Karena kepiawaiannya berakting, ia pun dengan cepat bisa bermain film.

Saat industri film terpuruk, Laila Sari tetap berkarya melalui perannya di sinetron dan FTV. Laila terus bekerja tanpa kenal lelah untuk anak, cucu, dan cicitnya.

Di hari tuanya, ia hidup di sebuah rumah kecil di kawasan Tangki, Jakarta Barat. Rumah yang sudah bocor dan rusak di beberapa bagian itu merupakan hasil jerih payahnya sebagai penyanyi di awal kariernya.

2. Mansyur S

Mansyur S adalah penyanyi dangdut yang sudah memulai kariernya sejak tahun 1969. Selain itu, ia juga pernah membintangi sinetron dan terlibat di acara ajang pencarian bakat.

Meski sempat gemilang sebagai penyanyi, di masa tuanya Mansyur mengaku berpenghasilan pas-pasan. Bahkan, untuk bayar listrik bulanan saja ia mengaku bingung.

3. Yati Surrachman

Sosok artis yang satu ini kerap berperan sebagai asisten rumah tangga. Padahal, ia mengawali kariernya di dunia akting di film Inem Pelayan Seksi yang kala itu sangat terkenal, lho.

Hampir sama dengan Laila, Yati juga tulang punggung keluarga. Karena itulah, ia terus bekerja meski sudah lanjut usia. Di masa pandemi seperti sekarang, Yati pun kehilangan pekerjaan.

Tak ada tawaran masuk dan ia pun bingung harus bekerja apa. Namun, Yati tetap bersyukur dan berharap keadaan akan segera menjadi lebih baik.

4. Pak Tile

Penonton setia Si Doel Anak Sekolahan pasti tak asing dengan wajah Enun Tile. Pria yang lebih sering disapa Pak Tile ini sudah membintangi puluhan film sejak tahun 1980-an.

Sayang seribu sayang, masa kejayaannya lenyap tatkala ia memasuki usia lanjut. Di akhir hidupnya, Pak Tile bahkan harus tinggal di sebuah gubuk di pinggiran sungai.

5. Bambang Triyono

Pelawak yang terkenal di era 90-an sebagai Kentung di sinetron Tuyul dan Mbak Yul ini juga meninggal dalam kondisi memprihatinkan.

Bambang mengidap stroke yang membuatnya tak bisa lagi bekerja. Bambang juga tinggal di kontrakan kecil dengan kondisi seadanya. Ia meninggal dunia pada tahun 2015.

Itulah 5 artis yang bernasib pilu di usia tua.