Sempat Dirahasiakan, Ini 8 Potret Tasya Kamila Dampingi Suami Lawan Kanker

199 views

Di balik potret bahagianya selama ini, tak ada yang menyangka bahwa rumah tangga Tasya Kamila tengah ditimpa ujian berat. Betapa tidak, Randi Bachtiar, suami Tasya Kamila rupanya divonis menderita penyakit kanker.

Melalui akun Instagram pribadinya, Tasya Kamila mengunggah sebuah video berisi perjalanan sang suami dalam melawan penyakit kronis tersebut. Ia pun tampak setia mendampingi Randi melewati fase-fase berat dalam hidupnya.

8 Potret Suami Tasya Kamila Berjuang Melawan Kanker

1. Butuh Waktu untuk Menceritakan Semuanya

Jelas butuh waktu untuk menceritakan suatu ujian berat dalam kehidupan yang tengah dialami. Jangankan berbagi cerita, di saat yang sama orang yang diberi ujian pun perlu berproses untuk sampai di tahap ‘menerima’. Hal itu pula yang tampaknya dirasakan Tasya Kamila dan sang suami.

“@randibachtiar’s Cancer Battle For months. we’ve kept this privately. It was not easy, but we finally found the courage to share this journey with you.

(Perjuangan kanker @randibachtiar selama berbulan-bulan. kami telah menyimpan cerita ini secara pribadi. Memang tidak mudah, tapi akhirnya kami menemukan keberanian untuk berbagi perjalanan ini dengan kalian),” tulis perempuan bernama lengkap Shafa Tasya Kamila itu.

2. Divonis Kanker Getah Bening atau Hodgkin Lymphoma

Tasya mengaku bahwa suaminya divonis menderita kanker kelenjar getah bening.

“My husband @randibachtiar is battling cancer, stage 2 Hodgkin Lymphoma.

(Suamiku @randibachtiar sedang berjuang melawan kanker, Limfoma Hodgkin stadium 2).” terang ibu satu anak tersebut.

3. Suami Tasya Kamila Menjalani Operasi Hingga Kemoterapi

Usai divonis menderita kanker, Randi Bachtiar akhirnya harus menjalani serangkaian pengobatan dan tindakan medis. Demi bisa mencapai kondisi sehat seperti sedia kala, suami Tasya Kamila itu dengan sabar menjalani operasi hingga kemoterapi.

4. Randi Bachtiar Mengalami Kerontokan Rambut

Pada umumnya, para pejuang kanker mengalami masalah kerontokan rambut. Berdasarkan video yang diunggah Tasya, tampaknya hal itu dialami pula oleh Randi suaminya.

Kerontokan rambut diketahui merupakan salah satu efek samping kemoterapi dalam pengobatan kanker. Diperkirakan, setidaknya 60 hingga 65 persen pasien kanker yang menjalani kemoterapi akan mengalami kondisi ini.

5. Radioterapi Sebagai Treatment Terakhir

Kini, lelaki berusia 30 tahun itu pun tengah menyelesaikan proses radioterapi. Tasya berharap pengobatan tersebut menjadi proses terakhir yang harus dijalani.

“Now he’s going through radiotherapy, which hopefully would be the last phase of his treatment. We are doing fine, Alhamdulillah. We are hopeful that this is something that we can beat and win against. We are resilient.

(Sekarang dia menjalani radioterapi, yang diharapkan menjadi fase terakhir dari perawatannya. Kami baik-baik saja, Alhamdulillah. Kami berharap ini adalah sesuatu yang bisa kami kalahkan dan kami menangkan. Kami tangguh),” kata Tasya.

6. Tasya Kamila Setia Dampingi Randi Bachtiar

Saat suami berjuang melawan penyakitnya, Tasya Kamila selaku istri selalu setia mendampingi. Meski ia sendiri tak menyangka akan diberi ujian sedemikian berat di usia pernikahanya yang belum genap tiga tahun.

“Tapi kemudian aku yakinkan diri. Pasti Allah tahu bahwa kekuatan yang kami miliki tuh udah selevel itu, karena Allah nggak akan ngasih ujian diluar batas kemampuan kita. Terima kasih, Ya Allah sudah memberikan kami kekuatan, kemampuan, dan keikhlasan dalam menempuh ujian-Mu,” ujarnya kemudian.

7. Keluarga Memberikan Kekuatan

Tak cuma sang istri, keluarga besar pasangan ini juga turut memberikan dukungan moril agar Randi lebih kuat menjalani fase berat kehidupannya itu.

“Ternyata memang Allah baik banget ya sama kamu @randibachtiar, ngasih kesempatan buat kamu menghapus dosa. Ngasih kesempatan unutk kita mengenal kuasa dan kehendak-Nya, supaya kita ingat utk terus bergantung kepadaNya. Alhamdulillah,” Tasya berusaha mensyukuri segala yang terjadi.

8. Tasya dan Sang Suami Galang Dana

Tasya Kamila percaya bahwa semua orang punya ujiannya masing-masing. Ia pun menyemangati semua orang yang tengah berjuang melawan penyakit kronis supaya diberikan kekuatan dan kemudahan. Tak hanya itu, Tasya dan suami juga mengajak netizen untuk ikut menggalang dana untuk membantu anak-anak pejuang kanker.