7 Seleb Ungkap Bayaran Saat Masih Jadi Pemain Figuran, ada Arya Saloka

213 views

Kendati dunia hiburan selalu menawarkan kemewahan, namun perjalanan setiap artis untuk mencapai puncak kariernya tak semudah yang dibayangkan. Nggak langsung terkenal, mereka menapaki kariernya dari nol. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang harus bersusah payah.

Ungkapan peribahasa, ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit sakit dahulu, bersenang-senang kemudian’ pun rupanya terbukti dari perjalanan karier para selebriti. Usaha yang mereka keluarkan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Sekarang kerap mendapat peran utama dalam judul sinetron hingga film, siapa sangka para seleb ini memulai debut aktingnya lewat peran kecil sebagai figuran. Saat itu, mereka pun rela dibayar belasan hingga puluhan ribu. Namun berkat kerja kerasnya, mereka kini sukses menjadi salah satu artis papan atas.

Penasaran berapa bayaran awal seleb saat jadi pemeran figuran? Berikut cerita 7 seleb yang ungkap bayaran ketika masih jadi pemeran figuran, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/6).

1. Denny Cagur.

Sukses menjadi komedian yang berkarier di industri hiburan, Denny Cagur mengawali kariernya lewat lomba lawak di salah satu stasiun televisi pada 1997 silam. Sejak saat itu, namanya mulai meroket dan banyak tawaran yang datang kepadanya.

Namun siapa sangka, jika sebelum sukses lewat grup lawak Cagur, Denny pernah menjadi figuran di salah satu ajang talkshow lawak. Lewat channel YouTube Ayu Ting Ting, Denny mengungkapkan bayaran yang diterimanya saat itu sebesar Rp 50 ribu.

“Di Asep Show dulu gua pernah di bayar waktu belum ada Cagur, gua pernah main di Asep Show pernah dibayar Rp 50 ribu jadi figuran,” kata Denny dilansir dari YouTube Qiss You TV.

2. Susan Sameh.

Menjadi pendatang baru sebagai aktris film layar lebar, perjalanan karier Susan Sameh terbilang tak mudah. Kesuksesannya diawali lewat peran figuran sebagai tukang angkat piring.

Mendapat bayaran sebesar Rp 150 ribu, pengalaman tersebut menjadi pelajaran berharga baginya.

“Pas kelas 1 SMP di Bandung, cuma jadi tukang angkat piring dapet 150 ribu. Tapi nunggunya seharian. Yang disewa sepaket, Susan, kakak Susan, dan mobil mami,” jelasnya dilansir dari Kapanlagi.com.

“Nggak sampai satu menit tayangnya. Nggak masalahin jadi figuran sih, tapi Susan mikirnya ini harus diingat biar nanti nggak jadi orang yang seperti kacang lupa kulit,” tambahnya lebih lanjut.

3. Arya Saloka.

Naik daun lewat perannya sebagai Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta bersama Amanda Manopo, Arya Saloka kini mulai memetik hasil jerih payahnya di dunia hiburan. Mengawali kariernya lewat peran figuran, Arya Saloka pun blak-blakan mengungkap honor yang dulu diterimanya.

Kendati hanya Rp 75 ribu, suami dari Putri Anne tersebut bangga dengan pencapaiannya. Pengalaman pertamanya menjadi figuran di sebuah sinetron pun membawa Arya ditawari oleh agensi artis.

“Saat itu gue dibayar Rp 75 ribu,” ujar pria berusia 29 tahun ini dengan bangga, seperti dilansir dari kanal YouTube Ahmad Affandy.

4. Titi Kamal.

Kendati Titi Kamal mulai mengurangi aktivitasnya di dunia seni peran sejak menikah dengan Christian Sugiono, namun aktingnya yang ikonik di film Ada Apa Dengan Cinta membuat namanya begitu diingat hingga kini.

Meski prestasinya di dunia hiburan sudah sangat cemerlang, namun semua itu diraih Titi lewat usaha yang tak mudah. Wanita berusia 39 tahun ini bahkan sempat mendapatkan honor sangat rendah, ketika didapuk jadi seorang pemain figuran.

“Waktu itu pernah (dibayar) Rp 25 ribu. Figuran sinetron, jadi yang dipanggil bukan nama, tapi pakai baju yang dipakai. Waktu itu gue pakai baju bunga-bunga gitu,” terangnya, dilansir dari Kapanlagi.com.

“Terus gue dipanggil ‘Eh, baju kembang-kembang lewat’. Gue nanya, ‘Lewatnya gimana nih?’. Kata sutradaranya, ‘Udah, lewat aja nggak usah banyak nanya’,” kenang Titi.

5. Shireen Sungkar.

Shireen Sungkar bukanlah nama baru di industri hiburan. Karier dari istri Teuku Wisnu ini kian moncer sejak membintangi tokoh Fitri di sinetron Cinta Fitri. Beradu akting dengan sang suami, sinetronnya bahkan menjadi salah satu tayangan yang populer pada masanya.

Sebelum menjadi artis sukses seperti sekarang, ternyata Shireen Sungkar harus melewati masa-masa sulit di awal kariernya. Ia bahkan beberapa kali harus tampil sebagai pemain figuran. Tampil sebagai pemain figuran, penghasilan yang didapat Shireen pun tak terlalu besar.

“Gue pernah jadi temannya Marshanda, tapi ketemu Marshanda-nya aja nggak. Pulang (dikasih) Rp 150 ribu dibayarnya dua bulan,” ucap Shireen, dilansir dari YouTube The Sungkars Family.

6. Dude Harlino.

Hilir mudik membintangi berbagai sinetron, rupanya karier Dude Harlino juga terbilang cukup terjal. Kerikil dan batu sandungan dialami Dude dalam menjalani kariernya.

Dude bahkan pernah mendapatkan honor belasan ribu saat menjalani karier profesionalnya sebagai pemeran figuran.

Dari penuturannya, ia mengungkapkan jika bayaran yang diterima kala menjadi pemeran figuran tak cukup untuk menabung. Bahkan, Dude terpaksa nombok karena penghasilannya sama sekali tak cukup membiayai transportasi dan makan.

“Tahun 2001, saya dapat Rp 15 ribu per hari. Jujur saja, saya nggak bisa menabung, karena uang itu habis untuk ongkos dan makan. Malah kadang-kadang nombok kalau pulang malam untuk naik taksi. Tapi, semuanya saya jalani dengan bahagia. Lagipula sebenarnya saya menjadi figuran bukan mencari uang semata,” ujar Dude seperti dilansir dari Liputan6.com.

7. Kevin Julio.

Mengenang perjalanan kariernya, Kevin Julio pun mengungkapkan tidak mudah berkarier di industri hiburan. Ditawari oleh salah satu agency untuk menjadi pemeran figuran, Kevin ingat betul gaji pertama yang diterimanya saat itu.

Meski sangat kecil dan harus dipotong oleh pihak agency, namun ia merasa sangat bersyukur. Pengalaman tersebut pun memompa semangat Kevin untuk terus berusaha lebih baik dengan mengikuti berbagai casting film dan sinetron.

“Jadi saya sempet dibayar Rp 50 ribu, dipotong agency jadi Rp 25 ribu kayaknya. Itu dari subuh sampai jam 10 malam. Disuruh dateng subuh, tapi take saya tuh jam 8-9 malam dan saya jadi extras. Inget banget saya, paling 2-3 detik munculnya dan muka saya nggak kelihatan.” kenangnya dilansir dari Fimela.com.