Mulia! 5 Artis Bangun Sekolah Demi Selamatkan Pendidikan Anak Kurang Mampu

203 views

Terjun di dunia hiburan sering dianggap tak mengutamakan pendidikan. Tapi 5 artis bangun sekolah untuk anak kurang mampu ini berhasil mematahkan tanggapan tersebut.

Pada kenyataannya, banyak artis yang peduli pada pendidikan. Mereka bahkan tak segan vakum sementara untuk menempuh pendidikan tinggi. Tak hanya itu, ada juga artis yang menaruh perhatian khusus di dunia pendidikan. Mereka bahkan membangun sekolah untuk menyelamatkan anak-anak kurang mampu yang tidak mendapatkan akses pendidikan layak.

Siapa saja mereka? Inilah deretan artiis bangun sekolah bagi anak-anak kurang mampu.

1. Cinta Laura

Cinta Laura memang dikenal sebagai artis yang selalu mengutamakan pendidikan dibandingkan kariernya di dunia entertainment. Dalam suatu kesempatan, artis blasteran Jerman-Indonesia ini juga mengatakan bahwa kriteria yang harus ada dalam diri pasangannya adalah pintar.

Cinta Laura menamatkan pendidikannya di Columbia University dengan IPK 3.9 atau hampir sempurna. Tak sampai di situ saja, artis yang beberapa waktu lalu ini mengundang perhatian netizen karena mengaku sayang membeli tas seharga Rp30 juta ini juga mendirikan yayasan yang fokus di dunia pendidikan.

Yayasan itu bernama Yayasan Soekarseno Peduli di kawasan Bogor, Jawa Barat. Yayasan ini menyumbang dana operasional pendidikan bagi gedung sekolah tak layak pakai. Selain itu, banyak juga anak kurang mampu yang dibiayai sampai lulus sekolah menengah oleh Yayasan Soekarseno Peduli.

Cinta Laura telah terlibat dalam yayasan ini sejak usia 20 tahun, sewaktu baru pertama kali menjejakkan kakinya di dunia hiburan.

2. Dik Doank

Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denada Kusuma atau yang lebih dikenal dengan nama Dik Doank memiliki sekolah informal di Jurangmangu, Tangerang Selatan. Sekolah itu bernama Sekolah Alam Kandank Jurank Doank dan telah berdiri sejak tahun 2004.

Di sana, anak-anak kurang mampu bisa sekolah secara gratis.

3. Oki Setiana Dewi

Kakak dari Ria Ricis ini menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan bukan melalui sekolah. Ia mendirikan pondok pesantren Maskanul Huffadz. Maskanul Huffadz berarti tempat yang tenang untuk para penghafal Al-Qur’am.

Yayasan ini berfokus untuk menyediakan beassiswa dan tempat tinggal untuk muslimah yatim, yatim piatu, mualaf, dan duafa yang berusia antara 17-22 tahun. Oki memang dikenal sangat peduli pada dunia pendidikan. Ia sendiri telah merampungkan pendidikan doktoralnya dan bergelar Dr. Oki Setiana Dewi, S. Hum, M.Pd

4. Alena Wu

Alena Wu memiliki sekolah di kawasan Senen, Jakarta Pusat yang bernama Alena Sahabat Anak (ASA). Sekolah yang berdiri sejak 2009 ini menyasar kalangan kurang mampu.

Alena juga memiliki yayasan bernama Alena Free Foundation yang memiliki program sekolah gratis untuk anak kurang mampu.

5. Yuni Shara

Yuni Shara mendirikan sebuah sekolah PAUD bernama Cahaya Permata Abadi di Batu, Malang, Jawa Timur. PAUD ini didirikan untuk menyasar keluarga kurag mampu. Yuni sendiri mengambil uang SPP sangat murah namun dengan fasilitas pendidikan yang tak kalah dengan PAUD lainnya.

PAUD yang telah berdiri sejak 9 tahun lalu ini terdiri dari playgroup, TKA, TKB, dan penitipan anak. Sekolah semi formal milik Yuni Shara ini telah terakreditasi A dengan tenaga pengajar lulusan sarjana PAUD.

Itulah 5 artis bangun sekolah untuk masyarakat tidak mampu yang bisa jadi inspirasi dan semangat kita dalam dunia pendidikan.