Aksi Wanita Bikin Video soal Kondisi Indonesia, Bikin Tertohok

308 views

Perayaan HUT ke-76 RI diperingati dengan berbagai macam cara, salah satunya membuat konten makeup di TikTok. Bila sebelumnya seorang perempuan rela habiskan waktu 18 jam untuk makeup bertema kemerdekaan. Kali ini konten kreator TikTok lainnya juga membuat tantangan yang sama namun dengan konsep yang berbeda.

Momen ulang tahun Republik Indonesia kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Semua ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak bulan Maret 2020. Pandemi covid berdampak pada seluruh aspek kehidupan. Kehilangan keluarga, kelaparan, PHK besar-besaran, sekolah online, dan masih banyak lagi.

Penderitaan rakyat ini kemudian disuarakan oleh perempuan bernama Mila Alawiyah dalam video yang dibagikan di TikTok-nya pada Selasa (17/8) kemarin.

“Semoga kita benar2 sudah merdeka,” tulis Mila dikutip dari TikTok @milaalawiyah, Rabu (18/8).

Ia memulai video tersebut dengan berpenampilan seperti tenaga kesehatan sambil membawa tulisan “DIRUMAH AJA”. Video itu kemudian bergulir dan memperlihatkan orang yang sedang membawa surat lamaran kerja. Seperti menggambarkan banyak orang yang saat ini kesulitan mencari pekerjaan.

Mila juga menyuarakan banyaknya rakyat kelaparan akibat pandemi yang tak berkesudahan itu. Meski demikian, masih banyak orang baik di Indonesia yang mau mengulurkan tangan untuk membantu mereka.

Belum lagi sekolah online yang kadangkala mengalami gangguan sinyal, tak punya perangkat, dan masih banyak lagi. Semua semakin diperparah oleh peristiwa bantuan dana sosial yang dikorupsi oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Lengkap sudah penderitaan rakyat Indonesia, begitu sekiranya yang ingin disuarakan oleh Mila.

Menjelang akhir video, Mila mempertanyakan apakah Indonesia benar-benar sudah merdeka, “Apakah Kita Benar – benar Sudah Merdeka..?” tulisnya dalam video.

Postingan video itu pun sudah ditonton 7,7 juta kali dan like 1,5 juta. Tanggapan juga ditinggalkan oleh warganet di kolom komentar.

“setiap orangg berkreasi untuk 17 Agsts gua bakalan like krn mengharagai susah payahnya mereka bikin videonya hhehehehe kereeeen kak,” tulis Eka hartati.

“SEMOGA INDONESIA CEPET MEMBAIK, DIRGAHAYU NEGARAKU,” komentar mahasiswagendut2.

“Parah ini paling keren yg dri tdi gw liat mewakili perasaan rakyat juga ini mah,” puji inii_arismaa.

“masyallah keren banget mo nangis teharu keren banget,” kata panggilajachi1.