Cinta Laura dan Gita Savitri Sama-sama Ogah Punya Anak, ada yang Didukung Ibu

Soal ingin punya anak atau tidak setelah menikah memang pilihan masing-masing individu. Ada yang pengin banyak anak kayak Atta-Aurel, ada juga yang memilih untuk childfree. Seperti influencer Gita Savitri dan aktris Cinta Laura yang punya pendapat sendiri soal momongan.

Baik Gita dan Cinta sama-sama memilih untuk tidak punya anak. Keputusan Gita didukung oleh suami, Paul Andre Partohap. Sedangkan Cinta mendapat dukungan penuh dari ibunya, Herdiana Kiehl.

Gita Savitri

Bagi Gita Savitri, punya anak atau tidak merupakan pilihan. Di mana dia dan suami memutuskan untuk childfree. Menurutnya, anak adalah tanggung jawab yang besar dan memerlukan perencanaan matang. “Dari awal mau menikah, gue dan Paul udah memutuskan untuk nggak punya keturunan,” tulisnya dalam blog gitasav.com beberapa waktu lalu.

Gita memilih menanggapi santai kalau ada orang yang bertanya soal kapan punya anak. “Gue akan jawab apa adanya, ‘Nggak mau punya’”. Dia juga hanya akan menjelaskan alasannya kepada orang terdekat saja.

“Sudah pasti gue punya banyak alasan, sudah pasti gue udah memikirkan semuanya dari A sampai Z, sudah pasti gue udah mendiskusikan hal ini dengan pasangan, dan buat apa gue membeberkan alasan gue untuk childfree kepada netizen yang ujung-ujungnya akan dismissing alasan gue dan menganggapnya nggak valid atau nggak masuk akal,” tambahnya.

Dia membantah anggapan kalau seorang perempuan sudah seharusnya melahirkan. “I think I made my point clear: Tidak memiliki momongan nggak lantas membuat hidup si perempuan tidak bermakna.

Tidak memiliki momongan nggak membuat si perempuan lebih rendah dari perempuan lain.”

Cinta Laura

Cinta Laura mengaku pandangan hidupnya mungkin tidak sesuai dengan kebanyakan orang di Indonesia. Dia bercerita tentang fokusnya berkarier dan soal pasangan dalam kanal YouTube The Hermansyah A6.

Di usia ke-28 tahun ini, dia belum berencana menikah. “Pikiran aku belum sampe situ. Keinginannya belum ada,” katanya. Ternyata prinsip hidup Cinta didukung oleh kedua orangtuanya.

“Orangtuaku sangat menakjubkan. Karena sempet 2-3 tahun lalu, mama aku random duduk dan aku bilang ‘Mam kamu tahu aku enggak mau nikah di umur 20 tahunan’. “Dia bilang ‘Enggak apa-apa, Cinta enggak mau punya anak Mami juga enggak apa-apa’.”

Mendengar jawaban itu, Cinta bahagia. “Aku kayak ‘Kamu terbaik, aku cinta kamu banget’. Itu menujukkan ke aku bahwa mama aku sayang sama aku, dan juga sangat menghargai keinginan aku.”

Soal kemungkinan punya anak, Cinta Laura menjawab mungkin saja tapi tidak dalam waktu dekat ini.