PPKM Diperpanjang, Viral Sopir Angkot Menangis Pilu: Mau Makan Harus Ngutang

Sopir angkot menangis pilu setelah mengaku terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Dengan suara bergetar, ia mengungkap kesulitan hidupnya setiap hari imbas PPKM level.

Curhatannya yang menggetarkan hati tersebut menjadi viral setelah dibagikan akun Instagram @beritaterkini.id_. Hingga berita ini dipublikasikan, video sedikitnya telah disaksikan 3.000 kali.

“Sedih! Tangisan sopir angkot yang terkena dampak PPKM Darurat, buat makan ngutang dulu,” tulis @beritaterkini.id_ sebagai keterangan Instagram seperti dikutip BeritaHits.Id, Senin (2/8/2021).

Dalam video, sopir angkot tersebut sudah tua. Ia menangis tersedu-sedu di depan angkotnya akibat perpanjangan PPKM Darurat.

“Curhatan sopir angkot hadapi pandemi. PPKM diperpanjang, penumpang sepi, bensin saja minta sama istri,” tulis perekam sebagai keterangan video.

PPKM Darurat telah membuat angkotnya sepi penumpang. Tak hanya itu, ia sampai harus meminta uang ke istri untuk modal membeli bensin.

Suara sopir angkot tersebut gemetar saat mengungkap dampak pandemi Covid-19. Ia sampai harus mengutang demi bisa membeli makan setiap hari.

“Beli bensin tiap hari minta uang sama istri. Uang makan harus ngutang dulu. Buat bayar gak bisa,” ungkap sopir angkot dengan suara gemetar di video.

Sopir angkot itu tampak kesulitan melanjutkan curhatannya. Suaranya tersendat-sendat mehanan isak tangis, sesekali ia mengelap wajahnya yang meneteskan air mata.

Momen menyesakkan hati itu menuai sorotan tajam warganet. Mereka bertanya sampai mengkritik pemerintah yang tidak bisa menolong rakyat kecil.

“RT/RW setempat gak ngurusin kah?” tanya warganet.

“Sementara memteri dan para pejabat lainnya, anggota dewan semua pada makan enak dan tidur nyenyak. Luar biasa,” kecam warganet.

“PPKM diperpanjang. Alhamdulillah, semakin ngenes,” sahut warganet.

“Semoga Allah mengganti rejeki hari ini, dengan rejeki yang cukup untuk bapak di hari esok,” doa warganet.

“Bapak Presiden @jokowidodo lihat ini pak. Mohon banyak yang kesusahan di luar sana pak. Mohon dilihat,” sentil warganet.

“@jokowi banyak rakyat menjerit karena pandemi. Semoga diberikan bantuan atau pun aturan yang lebih baik,” tambah yang lain.

“Pemerintah setempat kemana,” protes warganet.

Video yang menjadi viral di Instagram ini bisa disaksikandi sini.

PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Presiden Jokowi

Pemerintah kembali memperpanjang penerapan PPKM level 4 selama sepekan ke depan mulai Rabu (3/8) besok. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut alasan PPKM kembali diperpanjang karena kasus Covid-19 belum menunjukka penurunan yang signifikan.

Perpanjangan PPKM itu berlaku hingga 9 Agustus mendatang. Terkait penerapanan PPKM yang tetap berlangsung, Jokowi meminta masyarakat tetap hati-hati di masa pandemi Covid-19. ini.

“Walaupun sudah mulai ada perbaikan namun perkembangan kasus Covid-19 masih sangat dinamis dan fluktuatif,” ujar Jokowi pengumuman perpanjangan PPKM Level 4 secara virtual, Senin (2/8/2021).

Jokowi sebelumnya mengumumkan memperpanjang penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 Agustus sampai 9 Agustus di beberapa kota dan kabupaten. Keputusan tersebut kata Jokowi setelah mempertimbangkan beberapa indikator perkembangan kasus Covid-19.

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu,” ujar Jokowi dalam jumpa pers, Senin (2/8/202).

Jokowi menuturkan pengaturan aktivitas dan mobilitas warga disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah. Nantinya kata Jokowi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut dan Menteri terkait akan menjelaskan secara rinci aturan teknis perpanjangan PPKM level 4.