Uki Eks Noah Sebut Musik Haram, Ustaz Solmed Menanggapi

217 views

Eks gitaris Noah, Uki, menyebut bahwa musik dan industrinya sebagai pintu kemaksiatan. Ustaz Solmed pun menanggapi isu yang diperbincangkan publik itu.

“Ya persoalan nyanyian, musik, ini adalah persoalan yang sampai hari ini bahkan sampai hari kiamat ya, ada sejak dari dulu memang terdapat perbedaan pendapat,” ujar Ustaz Solmed kepada wartawan.

Ia mengatakan, baik pro maupun kontra, memiliki dasar dan dalil masing-masing. Sehingga, pendapat apa pun harus saling dihargai dan dihormati.

“Ada yang mengatakan bahwa musik itu sesuatu yang mubah, boleh-boleh saja. Ada yang mengatakan bahwa musik itu haram mutlak. Ada yang mengatakan musik itu haram tapi dengan catatan,” paparnya.

Lantaran demikian, tidak ada nilai mutlak yang harus disetujui oleh semua orang. Dalam hal ini, tidak ada istilah pendapat siapa yang benar dan pendapat siapa yang salah.

“Semua kembali kepada siapa yang diikuti, ulama mana yang menjadi pegangan, dan intinya semua pendapat memiliki dasar, memiliki dalil yang bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Uki menyebut jika musik merupakan pintu dari kemaksiatan. Dia menyebut profesi musisi bukan pekerjaan yang halal. Karena itu, Uki mengisyaratkan penyesalannya pernah menjadi musisi.

“Karena bagi saya, saya enggak bisa membanggakan. Ya Allah, saya dulu menciptakan banyak fans, banyak lagu, di hadapan Allah pada akhirnya itu enggak bisa meningkatkan derajat saya,” kata Uki saat berbincang di YouTube Belajar Sunnah.

Pada akhir 1990an, Uki turut mendirikan band Peterpan yang kemudian berganti nama menjadi Noah. Dia keluar dari Noah pada 2019. Sejak itu, dia banyak terlibat dalam kegiatan dakwah.

“Terus kalau saya bilang dengan uang ini saya bisa sedekah banyak, tapi kita melakukan yang haram, enggak bisa. Jadi untuk dari segi musiknya. Karena ketika musik itu kalian enggak lakukan, otomatis kalian tuh menutup pintu khamar, pintu rokok juga, terus bercampur dengan wanita. Jadi dengan menutupnya pintu musik dan industri musik, kalian itu menutup banyak hal yang sifatnya mudarat,” lanjut Uki.