Viral Beli Nasi Padang Rp5.000, Penjual Agar-agar Ini Dapat Donasi Rp108 Juta

Sebuah unggahan video di akun Tiktok @elsameliaa belakangan tengah menyita perhatian warganet tanah air. Pemilik akun tersebut yang diketahui bernama Elsa Amelia (19) ini membagikan momen saat seorang penjual agar-agar pikul hendak membeli makanan di warung makan milik orang tuanya. Sayangnya pembeli tersebut hanya memiliki uang Rp5.000. Merasa iba, ia pun akhirnya memberikan satu porsi nasi beserta lauk secara cuma-cuma.

Unggahannya ini pun kemudian viral dan menuai banyak simpati. Tak hanya itu, Elsa kemudian membuka donasi untuk penjual agar-agar tersebut. Dalam waktu singkat, terkumpul donasi mencapai Rp108 juta untuk penjual agar-agar pikul tersebut.

Seperti apa kisah viral penjual agar-agar ini? Berikut informasinya seperti dilansir dari Liputan6.

Merasa Kasihan

Penjual agar-agar viral dapat donasi Rp108 juta di Garut

Saat ditemui wartawan pada Sabtu (31/7/2021) kemarin, Elsa mengungkapkan jika dirinya merasa kasihan dengan penjual agar-agar tersebut lantaran dagangannya yang masih utuh hingga akhirnya ia rela memberikan makanan secara cuma-cuma.

Selain itu, penjual tersebut juga mengaku sangat lapar. Sembari tersenyum, penjual itu mengaku hanya memiliki uang sebesar Rp5.000 saat datang ke Warung Padang Bungo Tanjung di bilangan Jalan Raya Ahmad Yani Timur, Kecamatan Garut Kota, Garut Kamis (29/7/2021) sore.

“Saya liat dagangan agar-agarnya ternyata masih utuh, dari situ saya kasihan dan iseng-iseng merekamnya lewat video, kaget juga ternyata respons dari viewer luar biasa sekali,” ujarnya.

Terkumpul Rp108 Juta Kurang dari 24 Jam

Usai mengunggah postingan tersebut, Elsa pun merasa kaget. Banyaknya respons dari warganet yang ingin ikut berbagi, membuatnya memutuskan untuk membuka donasi untuk penjual agar-agar itu. Luar biasanya, kurang dari 24 jam terkumpul donasi hingga Rp108 juta.

Setelah menghitung donasi yang terkumpul, Amel pun bergegas mencari alamat penjual agar-agar bernama mang Eman yang diketahui berasal dari Kecamatan Cilawu, Garut.

“Setelah lima jam dikirim ke Tiktok dan membuka donasi, saya benar-benar kaget, uang yang terkumpul banyak sekali,” ujar dia.

Mengaku Lapar Berkeliling Seharian dan Dagangan Tak Laku
Sementara itu Eman mengaku, saat itu dirinya sangar lapar usai berjualan selama seharian dengan kondisi dagangannya masih utuh.

Ia pun memutuskan membeli nasi di warung padang milik Elsa tersebut, tanpa menyangka kisahnya akan viral hingga mendapat donasi ratusan juta.

“Dagangan saya kadang habis, kadang tidak habis, saya beli nasi Rp5.000 karena tidak ada uang lagi dan lapar,” kata bapak tiga orang anak tersebut.

Dapat Bantuan Sembako dari Polisi

Sementara itu ditemui secara terpisah, Kapolsek Cilawu yang turut menerima kabar viralnya Eman langsung berinisiatif memberi bantuan beberapa paket sembako serta sejumlah uang.

Kapolsek Cilawu, Kompol Tommy Widodo mengatakan pihaknya memberikan bantuan tersebut lantaran merasa iba, sekaligus menjalankan program rutin polsek bernama Jumat Berkah.

“Kami dari Polsek Cilawu berinisiatif, kebetulan hari ini adalah hari Jumat yang mana kami punya program yang dimotori bapak Kapolres bernama Jumat Berkah, dengan beberapa anggota di Polsek Cilawu menyisihkan sejumlah uangnya untuk membantu yang bersangkutan,” kata Tommy.

Uang Donasi Akan Digunakan Untuk Biaya Hidup dan Disumbangkan
Melansir dari Youtube Fokus Indosiar, uang hasil donasi rencananya akan dipakai Eman dan keluarga untuk membantu biaya hidup sehari-sehari.

Selain itu, sebagian uang hasil donasi tersebut juga akan diberikan kepada kalangan yang membutuhkan di masa pandemi Covid-19.

“Insya Allah mudah-mudahan uang ini biar berkah akan saya manfaatkan untuk keperluan pak Eman sekeluarga, (anak istrinya)” terang Wawan, kakak ipar Eman.