Viral! Emak-Emak Labrak Guru Lewat Video, Gara-Gara Tidak Memberikan Penjelasan Tugas

Sebuah video memperlihatkan seorang enak-emak yang tiba-tiba marah kepada guru. Emak-Emak ngamuk ke guru karena tidak jelas selama mengajar daring atau online.

Terlihat pada video viral itu, emak-emak ngamuk ke guru lantaran kesal sang guru tidak memberikan penjelasan secara jelas kepada muridnya.

Terlihat dalam video tersebut, seorang emak-emak yang memberikan pesan khusus untuk seluruh bapak/ibu guru yang memberikan tugas pada anak muridnya, tanpa memberikan tutorial cara mengerjakan tugasnya.

Menurutnya, tidak semua anak paham dengan metode penjelasan melalui youtube.

“Terkhusus untuk bapak ibu guru yang memberikan soal untuk anak muridnya tanpa diberikan tutor (tutorial) atau melihat tutor di youtube. Pak/Bu tidak semua anak ngerti kalau dijelaskan melalui youtube. Terus jenengan (anda) bisa jawab, terus apa gunanya orang tua di rumah? Pak/Bu, ndak semua orang tua itu ngerti, ndak semua orang tua itu bisa. Makanya anake (anaknya) disekolahno (disekolahkan). Benno (biar) anaknya ngerti ya,” ujarnya, menyadur dari Terkini.id -jaringan Suara.com, Rabu (4/8/2021).

Tak hanya itu, emak-emak dalam video terus juga memberikan saran kepada semua guru untuk memberikan penjelasan tugas melalui tutorial yang dibuat sendiri, bukan dari youtube. Ini supaya anak kewalahan memahami penjelasan dari tugas yang diberikan.

“Alangkah baiknya kalau memberikan soal kepada anak jangan lewat youtube nggeh (ya). Jennengan (anda) bikin video sendiri nggeh (ya), dijelaskan dengan anda tutor. Kemudian video anda dishare ke grup. Jadi anak luweh (cepat) ngerti. Jadi jangan anda memberikan soal tanpa memberikan tutor atau menjelaskan caranya, terutama pelajaran matematika. Mesakno (kasihan) loh Pak/Bu, murid-muridku kabeh (semua) lola-lolo (tidak tahu apa-apa) kalau tidak diterangkan,” pungkasnya.

Terakhir, orang tua murid yang ada dalam video tersebut juga menegaskan bahwa dalam pembelajaran mulut harus berbunyi, karena itu yang utama.

“Iki (ini) lo pak/bu, harusnya cangkem (mulut) ini lo yang berbunyi digunakan untuk menjelaskan atau memberikan tutor. Terkhusus bapak ibu guru yang memberikan soal lewat tutor youtube. Alangkah baiknya kalau jenengan (anda) bikin video sendiri, jadi anak lebih paham. Ngapunten (mohon maaf) lo pak/bu guru nggeh (ya),” kuncinya.