Permalink to Ijab Kabul Dua Kali, Rizky Billar dan Lesti Kejora Dituduh Mengacak-acak Hukum Agama

Ijab Kabul Dua Kali, Rizky Billar dan Lesti Kejora Dituduh Mengacak-acak Hukum Agama

Seorang warganet bernama Mila Machmudah Djamhari merasa geram pemberitaan tentang pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora. Pasangan yang kerap disebut Leslar itu dianggap Mila melakukan pembohongan publik dan mempermainkan hukum agama.

Kekesalan Mila berawal dari pengakuan Rizky Billar dan Lesti Kejora telah menikah siri pada awal tahun. Pengakuan itu diungkapkan setelah isu Lesti sudah hamil berhembus kencang. Padahal, Rizky Billar dan Lesti Kejora awalnya diketahui menikah pada Agustus 2021 dan disiarkan di televisi.

Untuk menampik kabar Lesti hamil di luar nikah, Rizky Billar dan Lesti mengaku sudah menikah secara agama pada awal tahun 2021. Mila menganggap Lesti dan Billar melakukan kebohongan terhadap publik dan menyalahi hukum syariat dengan melakukan ijab kabul dua kali.

“Lesti dan Billar terbukti mengakui pernah menikah siri. Maka mereka berdua dapat diduga membuat surat pernyataan palsu. Hal ini pun bisa masuk pidana, pemalsuan dokumen syarat nikah. Ijab kabul dua kali tidak ada di syariat agama,” tulis Mila di media sosial.

Mila bahkan berencana melaporkan Lesti dan Billar ke polisi karena disebut telah melakukan pembohongan publik. Sikap keras Mila itu juga sebagai bentuk pelajaran bagi artis lain agar tidak mempermainkan hukum agama.

Jika benar Lesti dan Billar sudah menikah siri, mereka seharusnya mengajukan itsbat ke Pengadilan Agama, bukan mendaftarkan pernikahan ke KUA. Itsbat Nikah merupakan permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sah-nya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum.

Mila menduga Lesti dan Billar melakukan pemalsuan dokumen syarat pernikahan. Artinya, dia menuding Lesti dan Billar mempermainkan hukum dan syariat.

“Pembelajaran agar kedepan tidak ada lagi artis dan televisi yang mempermainkan syariat pernikahan,” ucap dia.

“Saya berpikir melaporkan kebohongan Leslar (Lesti dan Billar) ke Polda karena sudah membuat gaduh dan acak-acak hukum dan syariat,” imbuh Mila.

Sementara itu, Ustaz Subki Al Bughury yang menikahkan Lesti dan Billar secara agama sempat angkat bicara mengenai keputusan pasangan muda itu menggelar ijab kabul dua kali. Subki menolak membahas keabsahan melakukan ijab kabul dua kali secara hukum agama.

“Saya tidak mau masuk ke dalam wacana fiqih, ya tapi sesungguhnya yang awal karena situasi dan kondisi seperti itu. Kemudian yang kedua adalah sah atau resmi secara negara,” kata Subki di Youtube Leslar Entertainment.

Subki lalu memilih menjelaskan kenapa Billar dan Lesti memutuskan menikah siri pada awal tahun dan menikah secara negara pada Agustus 2021. Menurut Subki, Lesti dan Billar awalnya berniat menikah secara resmi di KUA pada awal tahun, tapi kondisinya tidak memungkinkan.

“Sesungguhnya yang saya tahu, mereka berdua khususnya Dede Lesti, menyampaikan kepada saya, dari awal pun mereka sudah menghubungi Kantor Urusan Agama. Jadi pengennya mereka berdua langsung sah. Akhirnya ya kemudian mereka sepakat memutuskan untuk menikah dulu dan kemudian nanti lapor,” jelasnya.