Kronologi Kasus Aktris Vicky Zhao Hingga di-Blacklist Pemerintah China

293 views

Karier aktris Vicky Zhao kini tengah terancam. Ia ramai menjadi sorotan karena di-blacklist oleh pemerintah China. Rekam jejak wanita 45 tahun ini lenyap dari berbagai platform daring di China sejak pekan lalu.

Pada akhir Agustus lalu, semua drama yang ia bintangi seperti ‘Demon Girl and Word of Honor’, diturunkan dari platform streaming. Lagu-lagu dan bahkan profilnya sebagai seorang artis, dihapus dari QQ Music dan NetEase. Namanya juga tak ada lagi dalam credit film.

Dikutip dari Global Times, warganet asal China banyak berdiskusi soal kasus ini, bahkan muncul berbagai spekulasi karena sebelumnya sang aktis sudah terlibat skandal. Pemeran Putri Huan Zhu ini pernah digugat atas masalah investasi, serta pernah disebut-sebut menonjolkan budaya Jepang daripada China.

Lebih lanjut, berikut rangkum kronologi kasus Vicky Zhao hingga di-blacklist pemerintah China, dari berbagai sumber pada Jumat (3/9).

1. Membawa budaya Jepang.

Pada tahun 2001 lalu, Zhao diduga menggunakan pakaian seperti bendera Jepang. Sementara itu aktor China bernama Zheng Zhehan, yang masih satu agensi dengan Vicky Zhao berswafoto di depan pemakaman tentara Jepang. Padahal mayoritas warga China diketahui masih sakit hati dengan penjajahan yang dilakukan Jepang pada tahun 1937.

2. Skandal saham Alibaba.

Pada 2014, Vicky Zhao dan suaminya, Huang Youlong membeli saham Alibaba Pictures senilai US$ 400 juta yang membuat mereka menjadi pemegang saham terbesar kedua di perusahaan ini. Namun tahun 2017, ia dan suami dinilai memberi informasi menyesatkan menjelang pengambilalihan perusahaan. Alhasil, keduanya dilarang melakukan perdagangan saham selama lima tahun.

3. Melawan budaya pemujaan fans terhadap idola.

Saat ini pemerintah China juga tengah berupaya untuk melawan budaya pemujaan fans terhadap selebriti. Badan Administrasi Siber China mengatakan bahwa fan klub yang terlalu mendewakan idolanya ini berbahaya untuk para generasi muda dan anak-anak. Hal ini kelak dikhawatirkan menjadi sumber perundungan siber.

4. Penghapusan konten soal Vicky Zhao.

Dilansir dari Fortune, penghapusan konten soal Vicky Zhao ini merupakan perintah dari Badan Administrasi Radio dan Pertelevisian Nasional yang mana merupakan regulator untuk industri hiburan China. Secara bertahap, semua konten-konten soal Vicky Zhao lenyap, begitu pula dengan credit film hingga media sosial pribadinya.

5. Keberadaan Vicky Zhao.

Hingga kabar Vicky Zhao di-blacklist, belum ada keterangan lebih lanjut dimana keberadaan sang aktris. Ada yang mengatakan Vicky Zhao bersama suaminya di Paris, namun ada pula yang mengatakan bahwa Vicky Zhao berada di Beijing bersama keluarganya yang lain.