Permalink to 6 Sinetron Indonesia Mirip Drakor, Termasuk “Dari Jendela SMP” yang Mirip “Squid Game”

6 Sinetron Indonesia Mirip Drakor, Termasuk “Dari Jendela SMP” yang Mirip “Squid Game”

Drama Korea atau drakor memiliki magnet tersendiri di Indonesia karena akting para aktor dan aktrisnya yang memukau serta alur cerita yang apik. Tak heran, banyak sinetron Indonesia yang terinspirasi bahkan mirip drakor.

Akan tetapi, lantaran terlalu mirip dengan drama asal negeri Ginseng tersebut, beberapa pihak menyebut sinetron Indonesia yang mirip drakor sebagai plagiat. Kali ini, kami merangkum daftar sinetron Indonesia mirip drama Korea.

Penasaran apa saja? Yuk, kita ulik bersama, Parents!

Sinetron Indonesia Mirip Drama Korea atau Drakor

1. Dari Jendela SMP Mirip Squid Game

Serial memang menjadi viral akhir-akhir ini. Di media sosial, serial garapan Hwang Dong-hyuk ini memang banyak dibicarakan.

Secara keseluruhan, serial yang tayang di platform streaming Netflix ini berkisah tentang seorang sopir taksi duda yang terlilit utang. Ia pun mengikuti serangkaian permainan untuk mendapatkan hadiah tunai dalam jumlah besar. Dalam permainan tersebut, nyawa menjadi taruhannya.

Oleh karena popularitas tersebut di Indonesia, beberapa waktu lalu, panitia tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM di Jawa Timur pun sempat menggunakan atribut Squid Game.

Selain itu, di jagad internet salah satu sinetron Indonesia pun menjadi bahan perbincangan karena dianggap mirip dengan Squid Game. Sinetron tersebut adalah Dari Jendela SMP.

Dalam sinetron tersebut, ada beberapa scene yang mirip dengan Squid Game. Dalam scene tersebut, tampak para siswa dan siswi yang sedang berkumpul di suatu lapangan, serta mereka mengenakan jaket yang mirip dengan peserta di Squid Game.

Selain itu, para penjaga permainan tersebut pun mengenakan topeng. Cuplikan scene ini pun tersebar di media sosial dan menuai banyak reaksi dari warganet. Banyak yang mengatakan bahwa hal ini merupakan suatu plagiat.

2. Cinta Cenat-Cenut Mirip Boys Before Flowers

Sinetron Indonesia mirip drama Korea selanjutnya adalah Cinta Cenat-Cenut. Sinetron yang dibintangi oleh personel SM*SH tersebut mengisahkan kisah cinta segi lima anatara Putri, Rafael, Morgan, Gladis, dan Rangga.

Di samping kisah cinta, sinetron ini juga mengangkat permasalahan toxic parents di dalamnya. Ibu Rafael dalam serial ini digambarkan sebagai ibu yang overprotective terhadap anaknya. Sementara itu, ayah Morgan digambarkan sebagai ayah yang gila harta.

Disebut-sebut sinetron ini mirip dengan drakor yang berjudul Boys Before Flowers. Serial ini menceritakan kehidupan anak-anak konglomerat yang bersekolah di suatu perguruan tinggi terkenal di Korea.

Beberapa aktor dan aktris yang terlibat di dalam drama ini antara lain Le Min Ho, Koo Hye-Sun, Kim Hyun-Joong, dan lain sebagainya. Drama ini rilis pada tahun 2009.

3. Sinetron Indonesia Liontin Mirip Drakor Glass House

Sinetron Indonesia lain yang mirip dengan drama Korea adalah Liontin. Judul sinetron ini mungkin asing bagi banyak orang saat ini karena memang tayang pada tahun 2005 lalu.

Sinetron yang terdiri dari dua musim ini dibintangi oleh Nana Mirdad dan Naysila Mirdad. Secara keseluruhan menceritakan kisah kakak beradik yang saling menyayangi bernama Manda dan Indy.

Ibu kandung keduanya, Rianty, meninggal dunia setelah melahirkan sang adik, Indy. Sejak kematian sang ibu, kedua anak ini pun harus hidup bertiga dengan sang ayah, Indra. Hingga pada satu waktu, keluarga tersebut harus menghadapi kenyataan bahwa sang ayah, Indra, terkena kanker darah.

Konon, drama ini pun mirip dengan serial Glass House yang dibintangi oleh Kim Ji Ho dan Kim Hyun Joo. Drama ini juga menceritakan kehidupan kakak beradik yang kehilangan ibu kandungnya. Sang ayah pun menikahi seorang perempuan tanpa adanya persetujuan keluarga.

4. Malaikat Pelindung Mirip Goblin

Serial Goblin merupakan salah satu serial yang cukup populer beberapa tahun lalu. Diceritakan, Kim Shin (Gong Yoo), seorang jenderal militer dari Dinasti Goryeo, dijebak sebagai pengkhianat dan dibunuh oleh raja muda.

Bertahun-tahun setelah kematiannya, dia dikutuk oleh Yang Mahakuasa untuk tetap abadi selamanya. Menahan rasa sakit melihat orang yang dicintainya mati sebagai hukuman atas tentara yang dia bunuh untuk melindungi negaranya.

Dia menjadi goblin abadi, membantu orang-orang dengan kekuatannya dan menjadi pria yang baik terlepas dari masa lalunya yang menyedihkan. Satu-satunya cara untuk mengakhiri keabadiannya adalah pengantin goblin, yang bantuannya dalam mencabut pedang akan mengakhiri keabadiannya yang menyakitkan

 

Sementara itu, sinetron Indonesia yang disebut mirip drama Korea Goblin adalah Malaikat Pelindung. Sejak belum ditayangkan di televisi, sinetron ini pun sudah dihujani kritik dari para warganet karena beberapa adegan dan kostum yang meniru Goblin.

5. Kau yang Berasal dari Bintang Mirip My Love from Another Star

Sinetron lain yang mirip dengan drama Korea adalah Kau yang Berasal dari Bintang. Sinetron ini dikatakan mirip dengan drama Korea My Love from Another Star.

Berkisah tentang seorang aktris cantik dan terkenal bernama Vania. Ia telah menjadi bintang sejak kecil. Namun, sayangnya ia tidak memiliki kehidupan yang normal seperti layaknya gadis seusianya.

Akibatnya, Vania pun sering kali bertingkah kurang baik dan angkuh meski sebenarnya di dalam lubuk hatinya ia memiliki kebaikan.

Pada satu waktu, dia pun bertemu dengan seorang pria yang berasal dari planet lain. Pria tersebut adalah Morgan yang terjebak di Bumi selama ratusan tahun.

Sinetron tersebut dibilang mirip dengan drama My Love from Another Star. Drama yang rilis pada tahun 2013 lalu ini bercerita tentang Do Min-joon, alien yang mendarat di Bumi pada tahun 1609 selama Dinasti Joseon.

Dia menyelamatkan seorang gadis bernama Seo Yi-hwa dari tebing dan merindukan perjalanan kembali ke planet asalnya. Namun, ia harus terdampar di Bumi selama empat abad lamanya.

Min-joon tidak pernah menua dan dipaksa untuk mengambil identitas baru setiap sepuluh tahun. Dia telah bekerja sebagai dokter, astronom, pengacara, dan bankir, serta bekerja sebagai profesor di sebuah perguruan tinggi.

6. Sinetron Indonesia Benci Bilang Cinta Mirip Drakor Princess Hours

Benci Bilang Cinta dibintangi oleh aktris dan aktor yang sedang naik daun kala itu, Marshanda dan Baim Wong. Sinetron ini bercerita tentang seorang pria kaya raya yang harus menikahi seorang perempuan miskin, padahal ia sudah memiliki seorang perempuan yang menjadi tambatan hatinya.

Ia terpaksa melakukan ini karena mengikuti wasiat sang kakek. Setelah menikah, keduanya pun harus menghadapi berbagai permasalahan.

Sinetron ini memiliki kemiripan dengan drama Korea yang berjudul Princess Hours. Meski demikian, latar yang diambil memang berbeda. Di Princess Hours, latar yang diambil pada waktu kerajaan, sedangkan di sinetron Benci Bilang Cinta, latar yang diambil adalah keluarga konglomerat.

Demikian beberapa sinetron Indonesia mirip drakor. Dari segi cerita memang sebagian besar mengadopsi drama Korea yang telah ada sebelumnya.