Permalink to Viral Bule Swiss Jadi Tukang Dagang Ikan, Tiap Hari Bawa 50 Kg Naik Motor

Viral Bule Swiss Jadi Tukang Dagang Ikan, Tiap Hari Bawa 50 Kg Naik Motor

131 views

Seorang bule yang sudah menetapkan tinggal di sebuah kampung yang terletak di Pangandaran, Jawa Barat jadi sorotan. Meski berpenampilan layaknya bule, ia ternyata juga menggeluti profesi yang cukup lokal yaitu berdagang ikan.

Bule ini bernama Michael. Ia pun jadi viral setelah aktivitasnya diunggah di kanal Youtube Petualangan Alam Desaku sejak 17 Oktober 2021.

Si penunggah video ini adalah Jerry yang mengikuti aktivitas Michael sehari-hari sebagai tukang ikan. Dia memulai aktivitasnya dengan belanja ikan untuk dijual kembali.

Jerry menemui Michael di kediamannya yang terletak di Kampung Golempang, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jadi tukang ikan dan jago Bahasa Sunda

Video YouTube berjudul “VIRAL..Kisah Bule Swiss Yang Rela Jadi Tukang Ikan, Demi Tinggal Di Kampung” itu dimulai dengan adegan Jerry menemani Michael belanja ikan untuk jualan.

Saat itu, Michel membeli sekitar 50 kg ikan. Dia mengaku sengaja belanja sedikit ikan karena masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga omzet dagangannya tidak sebanyak dulu.

“(Belanja) Sedikit, masih pandemi, belum normal. Masih mungkin 50 kiloan,” jelas Michael mengutip tayangan YouTube yang sudah ditonton lebih dari 370 ribu kali itu.

Menyimak video tersebut, bule asal Swiss itu nampak cekatan menyiapkan ikan yang dibelinya. Dia tak ragu untuk menimbang air hingga memasukkan ikan pilihannya ke dalam wadah.

Tidak lama setelah itu, bule tersebut mengangkut dagangannya menggunakan sepeda motor. Tak lupa dia melanjutkan aktivitasnya dengan menyantap sarapan berupa roti dan kopi.

Michael juga sempat bercanda bahwa dirinya terbiasa sarapan roti agar tidak kehilangan jati diri sebagai seorang bule. Dia mengatakannya dalam Bahasa Sunda.

“Dia bilang, ‘Makan roti, takut lupa Bahasa Inggris’,” kata Jerry menjelaskan arti ucapan Michael dalam video tersebut.

Ya, Michael memang sudah mahir menggunakan Bahasa Sunda. Dia sering menggunakan bahasa tersebut untuk berkomunikasi dengan tetangga di sekitar rumahnya.

Dalam video YouTube itu, Michael juga terlihat sempat main ke salah satu rumah tetangganya dan ngobrol sejenak. Dia terlihat sangat akrab dengan tetangga rumahnya.

Memiliki usaha membakar ikan

Michel mengaku kegiatan sehari-harinya tidak jauh dari ikan, mulai dari membeli hingga mengolah di warung miliknya. Dia juga menerima jasa membakarkan ikan dari orang.

“Milih ikan, bakar ikan, di Homestay 28 Desa Ciliang, Kabupaten Pangandaran,” kata Michael dalam video tersebut.